My Search

28 Februari 2008

Olahraga Gado-gado

Untuk jenis olahraga gado-gado, kita juga salah satu ahlinya.

Kita sudah tahu adanya triatlon, gabungan tiga olahraga dalam satu paket kejuaraan. Sang atlet harus bertanding dalam tiga cabang, yaitu renang, lari dan balap sepeda. Ya, triatlon bagi kita sudah biasa. Yang belum biasa adalah olahraga catur yang digabung dengan tinju.

catur tinju

Menurut National Geographic, gabungan olagraga olah otak dan olah jotos ini sedang marak di Eropa. Untuk memenangi pertandingan, seorang atlet harus meng-KO lawannya menggunakan jotosan tangannnya atau checkmate alias nyekak lawannya di papan catur dalam 11 ronde. Hmmm.., bukan olahraga yang mudah. Mana bisa kita berpikir jernih setelah kepala dihantam lawan? Justru karena ketidakmudahannya ini maka olahraga gado-gado ini jadi menarik.

Lihat saja dua pemain tinju yang sedang serius memainkan bidak caturnya. Tangannya masih dibebat kain pelapis. Di kepalanya terpasang headset, mungkin peredam suara agar teriakan penonton di seputar ring tinju tidak mempengaruhi konsentrasi mereka. Peluh masih mengucur. Dan lihat juga meja yang digunakan untuk bertanding, di situ tertulis WCBO. Hmmm…, mungkin kepanjangannya adalah World Chess Boxing Organization. Keren juga, ya..

Sebenarnya di Indonesia ada lagi olahraga gado-gado yang lain, yaitu gabungan antara sepakbola dan tinju. Nggak cuma pemain saja yang bermain, penonton dan pelatih pun sering kali masuk juga ke lapangan.

Tidak ada komentar: